Belajar
Introduksi

Mitos dan Fakta

EN

Karena kurangnya informasi, ada kesalahpahaman umum seputar kesehatan seksual dan reproduksi. Kami di sini untuk membahas beberapa di antaranya!

Klik atau tap pada kartu-kartu dibawah untuk melihat fakta!

F A K T A

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menunjukkan bahwa program pendidikan seks yang komprehensif tidak meningkatkan aktivitas seksual, pada kenyataannya telah menunjukkan bahwa itu membantu kaum muda menunda inisiasi seksual. Bagi mereka yang sudah pernah berhubungan seks, program ini menunjukkan peningkatan penggunaan kondom dan mengurangi frekuensi hubungan seksual.

M I T O S

Pendidikan seks akan mendorong lebih banyak pemuda untuk melakukan hubungan seks.

F A K T A

Tidak juga! Seks adalah hal yang pribadi dan beberapa mungkin sangat melebih-lebihkan juga. Tidak semua orang berhubungan seks dan kamu tidak pernah perlu merasa harus melakukannya jika kamu belum siap.

M I T O S

Semua orang berhubungan seks.

F A K T A

Ini mungkin yang dikatakan pasangan kamu. Namun, jatuh cinta dengan seseorang dan siap untuk melakukan hubungan seks adalah dua hal yang terpisah. Cinta adalah tentang komunikasi, pengertian, dan rasa hormat.

M I T O S

Jika kamu benar-benar mencintainya, kamu harus berhubungan seks dengannya.

F A K T A

Kemungkinan kehamilan tidak sepenuhnya terhilangkan ketika perempuan mengalami menstruasi atau bahkan jika itu adalah pertama kalinya. Kehamilan akan terjadi jika sperma membuahi sel telur; ejakulasi akan melepaskan sekitar 250 juta sperma sementara itu hanya membutuhkan satu sperma untuk membuahi sel telur. Cara terbaik untuk mencegah kehamilan adalah menggunakan kontrasepsi.

M I T O S

Kamu tidak bisa hamil jika kamu melakukan hubungan seks pada masa haid atau jika ini adalah pertama kalinya untuk kamu.

F A K T A

Media mungkin menyamakan penis yang lebih besar itu lebih enak namun, itu benar-benar tergantung pada pasangannya dan mungkin berbeda untuk setiap individu. Terkadang penetrasi tidak selalu menjadi satu-satunya hal yang disukai orang di tempat tidur.

M I T O S

Penis yang lebih besar selalu lebih enak.

F A K T A

Vagina adalah otot yang secara alami akan melunak dan memanjang ketika seseorang terangsang untuk memungkinkan penyisipan yang lebih mudah. Jika mereka cemas atau gugup, dinding vagina akan berkontraksi, membuatnya sulit untuk dimasukkan. Itu tidak ada hubungannya dengan jumlah orang yang pernah berhubungan seks.

M I T O S

Vagina yang longgar menunjukkan jumlah orang yang dia pernah berhubungan seks dengan.

F A K T A

Ketika digunakan dengan benar, kondom juga 98% efektif mencegah PMS/STD.

M I T O S

Kondom hanya berguna untuk mencegah kehamilan.

F A K T A

Banyak PMS/STD tidak menunjukkan gejala atau tidak disertai tanda atau gejala. Penting untuk mempraktekkan seks yang aman dan memperhatikan untuk melakukan pengetesan jika aktif secara seksual.

M I T O S

Saya tidak perlu khawatir karena jika saya tidak merasa sakit, saya tidak punya PMS/STD.

F A K T A

Ada beberapa PMS/STD yang dapat menyebar melalui seks oral tanpa pelindung dan seks anal.

M I T O S

Kami hanya melakukan seks oral sehingga kami tidak bisa mendapatkan PMS/STD.

F A C T

Meskipun pria yang berhubungan seks dengan sesama pria, para pekerja seks dan suntikan pengguna narkoba membuat risiko paling tinggi untuk tertular HIV, siapa pun bisa tertular HIV. Virusnya tidak membeda-bedakan.

M I T O S

HIV adalah penyakit yang hanya menyerang pekerja seks dan homoseksual.

Referensi

Artikel lainnya dari:
Introduksi